Sunday, August 26, 2018

rpp peta minda simulasi dan komunikasi digital kurikulum 2013 revisi

Peta minda boleh dibilang pelajaran puncak untuk belajar cara berpikir  sistematis, terarah, dan punya visi. Peta Minda disebut juga peta konsep, mind mapping, alur berpikir, kerangka pemikiran, yang disusun dan terencana. 

Bapak Ibu bisa saja  bingung untuk menjelaskan peta minda itu seperti apa, padahal untuk menjelaskan ini kita buatkan saja perumpamaan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya aktifitas kita sehari-hari, bangun pagi, ke sekolah, pulang sekolah, istrahat, memasak, menonton, malamnya tidur, kemudian bangun pagi.

Aktifitas kita, bisa kita buatkan alurnya agar terjadwal, teratur. Nah, ketika kita berpikir dalam membuat alur jadwal aktifitas itulah yang disebut Peta Minda. Walau itu baru contoh sederhana, karena nantinya peta minda itu harus sistematis, terarah, terukur, terencana dan ada argumennya. 

Misalnya, jika kembali kepada contoh di atas, kenapa setelah bangun pagi langsung ke sekolah? Tentu ini perlu argumen. Misalnya nih.. hehe

Peta minda juga berlaku ketika kita dulunya menyusun makalah, skripsi, jurnal, atau tesis. Bahkan dalam Pancasila, semua dasarnya dari sila-1 hingga ke-5 sangat baik peta minda nya. Artinya, sila-sila yang terkandung dalam Pancasila disusun atas dasar pemikiran yang sistematis, terarah, visioner. 

Untuk Bapak/Ibu, disini kami bagikan rpp peta minda simulasi dan komunikasi digital kurikulum 2013 revisi, yang tersusun dalam kerangka yang sederhana, semoga bermanfaat. 


Share:

0 comments:

Post a Comment