Wednesday, August 29, 2018

rpp memahami konsep Kewargaan Digital

Kewargaan digital tidak hanya diterapkan di sekolah. Saat ini, teknologi sudah mendukung disetiap aspek kehidupan. Mulai dari belanja online hingga belajar online yang dikenal dengan e-learning. Kewargaan digital memiliki istilah yang berbeda-beda, tergantung dimana aktifitas digital tersebut diaplikasikan. Pemerintahan (e-government, e-budgeting, e-task, dll). 

Dalam dunia pendidikan, sistem e-learning sudah cukup menyebar, jika dulu hanya di kampus, saat ini sekolah dasar juga sudah menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh. 

Namun perlu diingat, belajar seputar konsep kewargaan digital tidak hanya sebatas belajar bersama menggunakan teknologi, atau mengerjakan tugas dan dikirim dengan email. Bukan itusaja  tujuannya, tapi bagaimana agar setiap peserta didik mampu memilah dan memilih informasi yang ditemukannya di dunia maya. Bagaimana adab di dunia maya? bagaimana aturannya? apa saja yang harus dan tidak diperbolehkan? bagaimana sebaiknya menyikapi perkembangan teknologi? 

Nah, disini kami hanya berbagi dokumen rpp memahami konsep Kewargaan Digital simulasi dan komunikasi digital kurikulum 2013 revisi. Bapak/Ibu silahkan dikembangkan lagi. 

A. Kompetensi Dasar (KD)
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital

B. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.8.1 Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.
3.8.2 Menjelaskan konsep internet safety.
3.8.3 Menjelaskan jenis virus komputer dan pencegahannya.
3.8.4 Menjelaskan simbol Creative Commons.
4.8.1 Mengimplementasikan penggunaan internet dengan aman.
4.8.2 Memilih dan memilah informasi.

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
- Memahami konsep Kewargaan Digital dan konsep internet safety yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.  
- Menjelaskan jenis virus komputer dan pencegahannya. 
- Menjelaskan simbol Creative Commons.
- Mengimplementasikan penggunaan internet dengan aman.
- Memilih dan memilah informasi.

D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler

a. Fakta:
- Internet blog dan Web
- Virus Maya
- Media Sosial
b. Konsep
- Kewargaan Digital
- Intimidasi dunia maya (Cyberbullying)  dan (Cyber Harassment)
- Internet Positif
- Simbol Creative Commons
c. Prinsip
- isi teks (intisari)
- Presentasi menyesuaikan dengan kondisi
d. Prosedur
- Menyajikan modul presentasi atau catatan artikel terkait konsep kewargaan digital berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
- Mengonstruksikan modul presentasi atau catatan artikel terkait konsep kewargaan digital dengan memerhatikan perkembangan setiap peserta didik baik melalui penalaran, tes tulis, maupun praktek.

Untuk download memahami konsep Kewargaan Digital, klik disini


Share:

0 comments:

Post a Comment