Buku digital merupakan bentuk digital dari buku, atau buku elektronik yang dapat ditemukan dalam berbagai format/bentuk/ekstensi.
Menurut penelitian yang dijalankan oleh Tanner di tahun 2014 dijelaskan bahwa e-Book memang membawa pengaruh terhadap keadaan sosial dan budaya. Tidak dapat dipastikan dampak positif atau negatif yang terkandung pada e-Book karena pada dasarnya hal tersebut kembali pada persepsi komunikan. Dengan adanya e-Book, gaya hidup masyarakat yang semakin mengutamakan unsur praktis dan ekonomis akan semakin terdukung, walaupun untuk mengakses e-Book, dibutuhkan media teknologi yang memadai (wikipedia)
Salah satu tujuan pembelajaran Buku Digital bagi guru adalah agar dapat memberikan catatan tertentu pada materi dengan cepat, hemat dan mudah. Tanpa harus fotokopi dulu.
Pada pokok bahasan ini, susunan RPP tetap sederhana, yang telah kami cek setiap kalimatnya, karena rpp yang ada di blog kami tidak sepenuhnya hasil karya kami, namun tetap kami cek kesesuaiannya dengan pedoman yang ada.
A. Kompetensi Dasar (Kd)
3.7 Menganalisis pembuatan e-book
4.7 Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor
B. Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk)
1. Pengetahuan
3.7.1 Menjelaskan contoh dan kelebihan E-book.
3.7.2 Menjelaskan berbagai format E-book.
3.7.3 Mengurutkan proses konversi.
3.7.4 Memilih perangkat lunak pembaca file E-book.
3.7.5 Memilih informasi pada metadata.
2. Keterampilan
4.7.1 Melaksanakan konversi file menjadi HTML.
4.7.2 Melengkapi file E-book dengan file multimedia.
4.7.3 Melengkapi daftar is pada E-booki.
4.7.4 Membuat sampul.
4.7.5 Melengkapi metadata.
4.7.6 Menampilkan file E-book
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan diskusi, dan tanya jawab, diharapkan peserta didik dapat:
• Menjelaskan contoh dan kelebihan E-book.
• Menjelaskan berbagai format E-book.
• Mengurutkan proses konversi.
• Memilih perangkat lunak pembaca file E-book.
• Memilih informasi pada metadata.
Kemudian Praktik agar Peserta didik dapat:
• Melaksanakan konversi file menjadi HTML.
• Melengkapi file E-book dengan file multimedia.
• Melengkapi daftar isi pada E-book
• Membuat sampul.
• Melengkapi metadata.
D. Materi
a. Konsep :
1. Pengertian e-Book
2. Cara membuat e-Book
3. Buku elektronik (E-book)
4. Prosedur membuat E-book menggunakan Sigil
5. Cara Membuat sampul menggunakan Ms. PowerPoint
6. Mengenal Perangkat lunak pembaca file E-book
b. Fakta : Mendahulukan Pengenalan Jenis Buku Cetak/Buku digital, Kemudian menyampaikan perbandingan. Kekurangan dan kelebihan masing jenis buku.
c. Prinsip : Pembelajaran bertahap
d. Prosedur : disesuaikan dengan urutan Konsep.
untuk file rpp menganalisis pembuatan E-book simulasi dan komunikasi digital kurikulum 2013 revisi doc, silahkan cek link dibawah
0 comments:
Post a Comment