Thursday, March 28, 2019

rpp fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring

Salam buat sobat semua, 

Sebelumnya mohon maaf beberapa bulan terakhir aktivitas di blog ini vakum karena berbagai kesibukan saya di sekolah dan organisasi. Hingga saya baru menyadari bahwa pembahasan untuk Perangkat pembelajaran simulasi dan komunikasi digital ternyata belum lengkap.  

ok tanpa basa-basi kita lanjut bahasannya.. 

fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring, istilah sederhananya adalah belajar bersama, online bersama, dengan software belajar yang sama fiturnya. Sehingga setiap pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan aktivitas belajar tanpa harus di dalam ruang yang sama, namun dengan aplikasi atau software yang sama. 

Software yang digunakan tergantung kebutuhan, misalnya untuk kebutuhan tugas penilaian siswa sehari-hari, atau barangkali digunakan hanya untuk sekedar berbagi materi ajar. 

Selain untuk kebutuhan belajar sehari-hari, saat ini sistem ujian berbasis komputer sudah dilaksanakan di banyak sekolah, terutama jenjang SMK, SMA, Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah. Fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring ini digunakan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), UAMBN-BK untuk madrasah. Namun fitur nya terbatas hanya untuk ujian saja.

Untuk keperluan sehari-hari, software yang digunakan beragam macam, mulai dari menggunakan layanan facebook grup, whatsapp grup, hingga edmodo. Mana yang lebih baik dan efektif? tergantung apa tujuan sobat. Jika hanya ingin sharing tugas sobat dapat menggunakan facebook grup saja, atau whatsapp saja. Namun jika ingin lebih detail gunakan edmodo. Karena fitur yang ada dalam aplikasi edmodo dianggap mampu menjawab kebutuhan sobat semua. 

Dalam artikel ini, tujuan saya sebenarnya bukan untuk menyampaikan materi secara detail tentang fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring. Namun untuk lebih memudahkan sobat menyusun perangkat pembelajaran, disini saya sertakan RPP fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring simulasi dan komunikasi digital hasil editan dari berbagai sumber. 

Untuk RPP nya Silakan klik disini 
Share:

1 comments:

  1. izin download pak, makasih... sangat bermanfaat

    ReplyDelete